Monday 27 June 2011


Tuan Syekh Zainuddin ROKAN - Tanahputih Tanjung Melawan


Tuan Syekh Zainuddin mengembangkan tarekat Naqshabandiyah di Tanahputih. Hidupnya kurang lebih sezaman dengan Tuan Syekh Abdul Wahab Rokan, bahkan keduanya berkerabat dekat setelah anaknya yang bernama Maryam menikah dengan Tuan Guru Besilam tersebut. Tuan Syekh Zainuddin juga belajar tarekat di Jabal Abi Qubis Mekah, kemudian beramal sendiri. Doa-doanya sering makbul, sehingga beliau tidak hanya dikenal, berwibawa, dan dihormati di kampung-kampung sekitar Tanahputih, tapi juga ke hilir dan ke hulu sungai Rokan (sampai ke Pasir Pengarayan).

Makam tuan Syekh Zainuddin terletak di Tanahputih Tanjung melawan bersebelahan dengan masjid raya Tanah Putih Tanjung Melawan (masjid raya An-Nur). Di makam tersebut terdapat Tempayan atau orang tanah putih panggil
(TAKE) yang berisi air yang tak habis-habis walaupun sering diambil oleh para peziarah makam tersebut, konon air tersebut dipercayai dapat menyambuhkan pelbagai penyakit. Sampai saat ini makam Tuan Syekh Zainuddin masih ramai diziarahi orang dari berbagai penjuru, terutama pada hari Jumaat dan pada hari-hari kebesaran Islam..

No comments:

Post a Comment